Rabu, 03 Juni 2009

SOLUSI ATASI "PENYAKIT" SYMBIAN

HP dengan sistem operasi standar terbuka macam Symbian sudah mendekati kecanggihan komputer. Kemampuannya bisa ditambah dengan memasang aplikasi pihak ketiga. Tak cuma kemampuan, kelemahannya pun hampir mirip.
Pengguna Symbian tentu sudah tak asing lagi dengan kondisi HP yang sering Hang, App error, layar blank dan kerusakan lainnya yang terkait dengan sistem (software). Semuanya hampir sama dengan kerusakan pada komputer.
Nah, untuk memperbaiki kerusakan seperti itu, jangan langsung ke tukang service, ada beberapa cara mengobatinya dengan melakukan beberapa hal. Apa saja itu?
"App close main error".
Application closed sering dialami pengguna HP S60 seperti Nokia 7650, 3650, 6600, 7610, 6630 dan lain sebagainya.
Meski sudah menjadi masalah klasik tapi kemungkinan banyak yang belum tahu cara mengatasinya.
Secara teknis, munculnya pesan "Aplication Closed" terjadi karena adanya kesalahan informasi yang dibutuhkan oleh HP, yang bersumber dari perangkat penyimpan datadi HP.
Aliran data diantara SDRAM (penyimpan data sementara), flash memori (penyimpan data) dan prosesor tidak berjalan selaras sehingga ada informasi tak sampai.
Gangguan ini bisa karena proses instalasi aplikasi yang tidak sempurna, penggunaan aplikasi bajakan, memori yang terlalu penuh, serta terlalu seringnya 'bongkar-pasang' aplikasi yang menyebabkan rusaknya file system dan registry.
Cara mengatasinya :
1. Buang aplikasi yang dicurigai
Ingat-ingatlah kapan terakhir HP bekerja dengan baik sebelum menginstal aplikasi tertentu dan muncul pesan berbahaya ini. Misalkan, sebelum menginstal aplikasi A, HP berjalan dengan normal. Namun, setelah aplikasi A terinstal, HP jadi bermasalah. Coba hapus aplikasi tersebut.
Caranya, masuk ke menu 'tool' -'manager'. Kemudian pilih aplikasi yang akan di uninstall. Setelah itu pilih 'option', kemudian 'remove'.
2. Hidupkan HP tanpa kartu memori
Cobalah menghidupi HP tanpa kartu memori. Terkadang gangguan 'Application Closed' juga disebabkan karena aplikasi yang terdapat di kartu memori tidak bekerja sempurna atau kartu memori mengalami kerusakan.
3. Hapus dan perbaiki bootdata
Caranya :
- Instal dan jalankan aplikasi file manager seperti FExplorer atau SeleQ.
- Buka file dengan nama firstboot.dat di folder C:\system\bootdata\
- Hapus file tersebut dengan memilih 'option' - 'file' - 'delete'.
- Selanjutnya matikan HP dan cabut kartu memorinya. Lalu hidupkan HP tanpa kartu memori (jika langkah ini berhasil, akan diminta memasukkan data tanggal dan waktu).
- Matikan kembali HP dan masukkan kembali kartu memori ke dalam HP.
- Nyalakan kembali HP dengan kartu memori di dalamnya. Jika pesan 'Application Closed' tidak muncul, berarti cara ini berhasil mengatasi gangguan tersebut.
Dengan cara ini, HP tak perlu di format sehingga data HP tidak hilang. Meski bisa menyelesaikan masalah, tips ini juga memiliki efek samping yaitu akan merubah susunan menu utama sehingga tidak akan menemukan ikon aplikasi-aplikasi yang biasa terdapat di dalamnya.
Untuk mengatasinya, sebelum melakukan langkah di atas, ada baiknya melakukan backup aplikasi. Data tentang aplikasi terekam di dalam file applications.dat. Untuk membackupnya perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut
- Jalankan program file manager semacam FExplorer atau SeleQ.
- Masuk ke c:\system\data dan temukan file applications.dat
- Pilih 'option' - 'edit' - 'copy'
- Simpan hasil salinan (copy) ke tempat yang aman, misalnya di kartu memori.
- Selanjutnya bisa mulai menjalankan langkah-langkah untuk memperbaiki bootdata di atas.
- Setelah selesai, masukkan kembali file applications.dat ke dalam folder c:\system\data.
Gantikan file applications.dat yang ada di folder tersebut dengan file backup tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar