Rabu, 03 Juni 2009

FILE TERHAPUS? BISA TAMPIL BAGUS KEMBALI

Terkadang, karena tidak sengaja atau ingin menghemat ruang, kita menghapus file-file yang ada di kartu memori.
Sayangnya, seringkali file-file tersebut adalah file penting, seperti foto, video atau file lainnya yang sewaktu-waktu kita perlukan.
Kita bisa memunculkan file-file yang terhapus tadi, menggunakan beberapa aplikasi recovery.
Apalagi kini aplikasi tersebut banyak tersedia dan gratis. Untuk versi gratisnya, aplikasi ini mampu menampilkan file-file yang baru saja terhapus.
Berikut ini 3 aplikasi recovery, dari sekian banyak aplikasi yang tersedia di pasaran, yaitu 'Recuva' (gratis), 'Recover Files' (gratis) dan 'Get Data Back FAT' (trial version). Berikut ini langkah-langkah penggunaannya.
Download dan Instalasi
1. Download aplikasi. Aplikasi Recover Files dapat didownload dari http://www.undeleteunerase.com/. Aplikasi Recuva dapat didownload dari http://www.recuva.com/download dan aplikasi Get Data Back dapat didownload dari http://runtime.swmirror.com/gdb.zip
2. Instal aplikasi di PC/komputer pribadi satu persatu. Sebaiknya komputer di-restart setiap aplikasi terinstal.
3. Masukkan kartu memori pada 'card reader' yang telah terhubung dengan PC.
MENJALANKAN 'RECUVE'
1. Klik aplikasi 'Recuva' pada dekstop PC. Klik 'next' pada menu 'welcome'. Bila tidak yakin file yang ingin dimunculkan kembali, pilih 'other' (show all file).
Proses pencarian file yang telah dihapus akan dilakukan pada semua media penyimpanan yang ada termasuk harddisk pada PC.
Klik 'cancel' > klik 'switch to advanced mode' > pilih drive dimana kartu memori berada > scan.
2. Beri tanda centang pada file yang hendak dimunculkan kembali, klik 'recover' dan tentukan di folder mana file akan disimpan (default berada di My Documents).
3. Buka file hasil 'recovery' pada folder yang dipilih. Langkah ini akan terus berulang setiap kali aplikasi dibuka.
MENJALANKAN 'RECOVER FILES'
1. Klik aplikasi 'recover files' di desktop PC. Selanjutnya aplikasi akan mendeteksi semua media penyimpanan yang berada pada PC. Beri tanda centang pada kartu memori > Analize. Proses analisa akan berlangsung.
2. Dari semua file terhapus yang dapat dibangkitkan kembali akan terlihat bentuk file dalam dua warna yaitu merah 'over written' (letak file telah diisi file lain) dan hijau 'very good' (dapat dibangkitkan seperti semula).
File yang telah diisi file lain ketika dibangkitkan kembali kondisinya bisa beragam. Artinya ada yang dapat dibangkitkan dan ada yang sudah rusak.
3. Klik 'undelete' > pilih folder untuk menyimpannya > Ok. Jangan lupa memberi tanda centang pada 'use smart recovery' untuk hasil yang optimal.
4. Buka file hasil 'undelete' pada folder yang telah ditentukan tadi.
MENJALANKAN 'GET DATA BACK'
1. Klik aplikasi 'Get Data Back' pada desktop PC. Setelah muncul tampilan 'welcome' pilih 'I want to recover deleted file' > next. Aplikasi akan mendeteksi semua drive yang ada (semua media penyimpanan akan terbaca sebagai drive).
2. Pilih drive dimana kartu memori terbaca > klik next. Proses pencarian file yang telah terhapus akan berlangsung lebih lama dibanding dua aplikasi diatas. Karena aplikasi membaca setiap sektor pada media dalam format hex.
3. Pada step 2 pilih 'select all' > next. Selanjutnya akan muncul step 3 'recovery tree'.
4. Klik folder yang tampil dan pilih file yang diinginkan > klik kanan > open. Pada versi trial hanya dapat memilih 'open' sedangkan fitur lainnya hanya untuk full version. Untuk menyiasatinya, setelah open dapat menyimpan dengan 'save as'. Jadi hanya format image dan office file yang dapat disimpan.
Aplikasi ini dapat menampilkan semua file yang telah terhapus dan telah diisi oleh file lain dengan lebih sempurna bila dibandingkan dengan 2 aplikasi sebelumnya.
Selamat mencoba!.

2 komentar:

  1. apa file2 diatas bisa dipergunakan untuk merecovery ulang data yang tiba2 hilang dan berubah menjadi file chk?

    BalasHapus
  2. Mas, qo file hasil recover menggunakan recuve, isi file nya rusak tidak bisa di baca, kenapa?

    BalasHapus